KEBERSAMAAN DI PUSDIKKOWAD

KEBERSAMAAN DI PUSDIKKOWAD

Lembang-Bandung. Pelaksanaan Psikologi Lapangan pada Kegiatan Kolaborasi Pendidikan Terintegrasi TNI AD-Polri di Pusdik Kowad sebagai upaya untuk menciptakan kebersamaan dan membekali kemampuan interpersonal Kowad dan Polwan. Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad) menghadirkan Mayor Caj (K) Erayu Elviani, S.Psi., M.Psi., Psikolog, beserta Tim untuk menjamin proses internalisasi nilai nilai yang ingin ditanamkan. Senin-Selasa (13-14/12/2021)


Diantara antara rasa lelah yang dirasakan dalam menjalankan pendidikan sebagai siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri, mereka tetap tampak bersemangat menampilkan kemampuan diri untuk menjadi kekuatan utama dalam menjaga ketahanan dan keamanan NKRI.



Para siswa Dikmaba dan Diktuba mampu mengikuti rangkaian pelatihan Psikologi yang diberikan tanpa mengeluh. Mereka pun menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan dalam rangkaian simulasi yang diberikan, dimana pada simulasi pertama mereka masih kurang mengenal satu sama lain, belum memiliki rasa percaya serta ikatan emosi yang kental diantara sesama rekan TNI-POLRI. Seiring berjalannya waktu, permainan yang diberikan serta pemberian makna dari setiap permainan pada akhirnya membuat mereka tersadar bahwa untuk bersinergi dan mencapai soliditas TNI-Polri maka rasa saling percaya, saling menghargai, kepedulian saat bekerja sama merupakan hal yang utama agar keharmonisan dalam berelasi dapat terwujud antara TNI-POLRI khususnya mereka sebagai calon Bintara Kowad maupun Polwan. Hingga menutup kegiatan terucap kata mutiara dari para siswa tersebut : "Aku adalah Kamu, Kamu adalah Aku, mari sejenak merasa" menjadi pengikat di antara mereka sebagai tanda selesainya pelatihan Psikologi yang diselenggarakan oleh Dispsiad.


“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA”
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)